Asistensi Penginputan Data Indeks Inovasi Daerah Tahun 2024 di Balitbangda Kabupaten Ogan Komering Ilir
10 Juni 2024 (11:42:35)

1231

Kayuagung, Selasa, 4 Juni 2024, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumatera Selatan Bapak Dr. Drs. H. Alamsyah, M.Pd telah melaksanakan kegiatan Asistensi Penginputan Data Indeks Inovasi Daerah Tahun 2024 bertempat di Ruang Aula Kantor Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Kayuagung. Kepala Balitbangda Sumsel hadir Bersama Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan Zulkarnaen, SP, MM, Kasubbid Data dan Pengkajian Peraturan Catur Akhmadi, SH, MH beserta Staf (Ariandi, Dodi Aristiawan, Wildan Hadi Usgar dan Mitha Puteri Hartasih). Dari jajaran Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir hadir Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setda Kab OKI Bapak Zulfikar, S.Sos., MM, mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten OKI, Kepala Balitbangda Kab. OKI Bapak Dwi M. Zulkarnain, SH, M.Si beserta pejabat eselon III, eselon IV dan Staf.  

Dalam laporannya, Kepala Balitbangda Kab. OKI menjelaskan mengenai dasar hukum pelaksanaan kegiatan dan tujuan dilaksanakannya asistensi yaitu untuk membantu menjelaskan kepada OPD yang hadir agar dapat menginput data ke dalam aplikasi Innovative Government Award (IGA) dengan baik dan benar sehingga tidak terjadi kesalahan yang dapat mengurangi nilai IGA. Bapak Zulfikar dalam sambutannya yang juga sekaligus membuka acara, menjelaskan bahwa inovasi sangat penting dilakukan oleh seluruh OPD agar dapat membuat lompatan-lompatan dan terobosan-terobosan dalam membantu mencari solusi permasalahan yang terjadi dimasyarakat. Inovasi yang berasal dari OPD maupun dari masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga berdampak pada peningkatkan daya saing daerah.

Sementara itu, dalam paparannya Dr. Drs. H. Alamsyah, M.Pd menjelaskan mengenai Strategi Optimalisasi Penguatan Inovasi, meliputi: Tagline inovasi daerah, Instrumen membangun inovasi, Proses membudayakan inovasi dalam Organisasi Pemda, Innovation Hub sebagai wadah kolaborasi, 6 area inovasi, Trend tematik inovasi daerah, Strategi membudayakan inovasi, Indikator dan Profil indeks inovasi daerah, dan Hasil indeks inovasi daerah Sumatera Selatan tahun 2023. Alamsyah juga menambahkan bahwa Sumatera Selatan selama 4 (empat) tahun berturut-turut sejak tahun 2020, 2021, 2022 dan 2023 selalu menjadi Provinsi Sangat Inovatif Tingkat Nasional. Paparan selanjutnya mengenai teknis penginputan data indeks inovasi daerah per indikator disampaikan oleh Zulkarnaen. Indeks inovasi daerah terdiri dari: 2 aspek (satuan Pemerintahan Daerah 25,2% dan satuan Inovasi 74,8%) dengan 36 indikator untuk masing-masing inovasi, Nilai kematangan per inovasi diusahakan minimal 100.

Pada sesi diskusi dijelaskan bahwa keberhasilan dalam penilaian IGA, terutama bila masuk dalam rank SANGAT INOVATIF merupakan keberhasilan Pemerintah Kabupaten OKI dalam mengembangkan, mengimplementasikan dan membudayakan inovasi di masyarakat sehingga yang mendapat penghargaan adalah Pemerintah Kabupaten OKI. Pentingnya unsur kebaruan dalam pengajuan inovasi dapat memperkuat nilai kematangan inovasi yang diajukan, sehingga tim penilai tidak banyak melakukan pengurangan nilai. Diharapkan Pemerintah Kabupaten OKI dapat meningkatkan peringkat IID/IGA tahun 2024 secara Nasional

Foto Berita

4161
4162
4163